Kamis, 19 Mei 2011

80 Desa di Rembang Terancam Kekeringan


Rembang - Sebanyak 80 desa di 11 kecamatan wilayah Kabupaten Rembang terancam kembali dilanda kekeringan pada 2011 ini, meskipun hujan masih cukup sering turun.

"Pada 2011 ini, kami perkirakan ada sekitar 80 desa yang tersebar di 11 kecamatan yang akan dilanda kekeringan sebagaimana 2010 lalu. Sementara, tiga kecamatan lainnya, yakni Sale, Pancur, dan Sedan relatif aman dari kekeringan," kata Kepala Bagian Kemasyarakatan pada Sekretaris Daerah Kabupaten Rembang, Maskub di Rembang, Jumat (13/5).

Perkiraan itu, jelas Maskub, didasarkan pada intensitas permintaan bantuan air bersih selama ini. "Dari 14 kecamatan, memang hanya 11 kecamatan yang selalu meminta bantuan air bersih di tiap tahunnya, sedangkan tiga kecamatan tadi nyaris tidak pernah menyampaikan permohonan bantuan atau 'dropping' air bersih," katanya.

Ia menyebutkan, pada 2011 ini, pemerintah kabupaten setempat kembali menganggarkan dana Rp300 juta untuk bantuan air bersih. "Pada 2010 lalu, dana sebesar itu masih sisa, karena memang selama 2010, cuaca berlangsung basah," katanya.

Menurutnya, pada 2011 ini, diperkirakan akan kembali ada sisa anggaran, karena curah hujan masih berlangsung normal.

Maskub optimistis tak ada masalah seputar distribusi bantuan air bersih. "Mekanismenya juga masih tetap yakni ketika desa sudah butuh air, dipersilakan untuk mengajukan surat tertulis. Tak perlu menunggu terlalu lama, bantuan akan langsung dikirim," katanya menerangkan

Pada kesempatan lain, Suharso, Sekretaris Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana Alam Kabupaten Rembang mengatakan ketersediaan air embung diharapkan mengurangi dampak musim kemarau. "Setidaknya bisa meringankan beban warga untuk memenuhi kebutuhan mandi dan air minum ternak di pelosok pedesaan," katanya.

Ia pun mengingatkan warga agar waspada saat curah hujan sudah tak lagi banyak. "Masyarakat agar mewaspadai bencana kebakaran," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar